Pelajaran 27 dan 28 : Karunia Roh dan berdirinya gereja Tuhan (2)

Dasar Pembelajaran :
Kisah para rasul 1 dan 2 dan garis besar kitab Kisah Para Rasul  

Pendahuluan (Kisah Para Rasul) 

Kita masuk dalam Kitab baru yang ditulis oleh Lukas hal ini dibuktikan dengan Kisah para rasul 1 : 1 yang sama dengan Lukas 1: 1-4. Bahwa buku ini menjadi sambungan dari saksi yang ditulis oleh Lukas dalam kitab injil Lukas. 

dalam Kitab ini banyak akan dijelaskan tentang 
  • Bagaimana gereja berdiri ( Kisah Para Rasul  1-4), 
  • Penganiayaan dan penyebab penyebaran ( Kisah Para Rasul 5-8) , 
  • Saulus bertobat dan orang non Yahudi mendengar Firman ( Kisah Para Rasul 9-12)
  • Perjalanan Paulus pertama dan kedua ( Kisah Para Rasul 13- 16 ) 
  • Perjalanan kedua selesai dan permulaan perjalanan ketiga ( Kisah Para Rasul 17-20 )
  • Perjalanan ketiga  selesai dan Paulus ditangkap ( Kisah Para Rasul 21-24 )
  • Paulus di hadapan Agripa dan perjalan ke Roma ( Kisah para Rasul 25- 28 ) 

dalam Kisah Para Rasul 1: 2-3 dijelaskan dengan secara cepat apa yang lukas tulis dalam Injil Lukas bahkan Lukas menceritakan selama empat pulu hari dia menampakan diri dan berbicara tentang kerajaan Allah. 

Sehingga pada Kisah Rasul 1:4-5 menjelaskan bagaimana Yesus melarang mereka untuk meninggalkan Yerusalam menantikan janji Bapa yang tertulis dalam ke empat injil ( Matius 3:11, Markus 1:8, Lukas 3: 16, Yohanes 1:33). bahwa Yohanes membaptis dengan air tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus ( Pemurnian / pengkudusan). Dimana Yesus sendiri yang mempunyai otoritas dan yang akan membaptis kita dengan Roh Kudus / Di penuhi kuasa Roh Kudus.   

Menanti kepenuhan Roh Kudus 

kita lanjut kepada Kisah Para Rasul (Kis) 1:6-7  apa yang kita temui di sana ?  ketika mereka sedang berkumpul mereka menanyakan tentang pemulihan Israel. Hal ini memang tidak bisa terlepas dari sejarah bangsa Israel di mana Bangsa Israel sangat merindukan masa kejayaannya pada era Salomo.  Hal ini juga tidak bisa terlepas dari nubatan dalam kitab Yesaya 9:1- 20 akan kelahiran raja yang membawa kelepasan bangsa Israel dari penjajahan dan penindasan bangsa Roma. 

tetapi perhatikan kis 1:7  bahwa untuk masa dan waktunya telah ditetapkan Bapa menurut kuasa-NYA. jika kita melihat dalam Matius 16: 2-3 kita akan melihat masa dan waktu memiliki perbedaan dimana masa memiliki batas atau kurun waktu tertentu tetapi waktu itu selalu berulang. Sehingga genap apa yang dikatakan Salomo dalam pengkhotbah 1: 9. ( tentu ini akan menjadi pelajaran tersendiri  dan dipelajari lagi nanti ). Tetapi untuk kapan akan terjadi pemulihannya bangsa Israel, Semuanya ada keputusan Bapa dan kita tidak perlu tahu ( Yohanes 21: 20-24) hal ini dipertegas kembali dalam Kis 1: 11 yang digenapi dengan tanda dalam wahyu 14. 

yang menjadi poin penting dalam Kis 1: 8 , masih ingat Yohnes 20: 21, bahwa ketika kita sudah bertumbuh dan memiliki buah kasih , sukacita, dan damai sejatera, membawa kita untuk masuk dalam pengutusan Tuhan untuk menjadi saksi Tuhan (Matius 5:9).  Tetapi menjadi saksi Tuhan bukanlah hal yang mudah, kita sudah belajar bahwa akan banyak tekanan dan banyak masalah yang akan terjadi dalam hidup orang percaya. 

bagaimana dengan Yohanes 20:23 bukankah mereka semua menerima Roh Kudus ? Maka kita akan bahas Yeheskiel 47 (Pelajaran 15B) dimana Roh kudus yang diberikan kepada murid-murid sebagai otoritas anak anak Allah. tetapi Roh Kudus itu harus memiliki kepenuhannya atau otoritas penuh dalam hidup seseorang. sehingga dalam injil Lukas 24: 49 menjelaskan  kami akan diperlengkapi oleh kuasa dari tempat tinggi. 

Ada syarat yang harus dipenuhi yaitu Roh Kudus turun / menguasai seluruh kehidupan anak anak Allah.  Sehingga sinar Allah ( H-1) nyata dalam kehidupan anak anak Allah (H-4) dan jika kita melihat lebih seksama bahwa kita akan menjadi saksi Tuhan Yesus Kristus di Yerusalem, Yudea, Samaria, dan sampai keujung bumi. Jika kita bandingkan dalam Mat 28:1, Markus 16:15 dan Lukas 24:47-49, Maka kita akan menjadi kristus untuk menyatakan segala pengenalan kita akan Allah supaya orang bertobat dan Allah menyatakan pengampunan dosa atas orang tersebut. tentunya dari orang yang paling dekat yang ada disekitar kita sampai seluruh dunia sesuai dengan kehendak, rencana dan pekerjaan Allah dalam hidup kita. 

Maka dalam kis 1:9-10 , maka bandingkan dengan lukas 24: 50-54 dan Markus 16:19, maka kita melihat  Yesus membawa mereka keluar dari kota dekat Betania dan memberkati murid yang ada di sana. Yesus naik ke sorga dan awan menutupi pandangan mereka semua.

dalam Kis 1: 12 -15, kita melihat  dimana rasul  kembali ke Yerusalem dari bukit Zaitun dan berjalan sabat/ berjalan pada hari sabat sehingga ketika mereka sampai mereka naik ke ruang. Maka perhatikan dalam Kis 1:14 mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama sama. Hal ini menjadi dasar hidup kita bagaimana kita mempersiapkan diri untuk memohon kepenuhan  kuasa Roh Kudus dalam hidup orang yang percaya.  Hal itu dilakukan bersama sama dengan murid Tuhan dan seratus dua puluh orang yang berkumpul disana. 

Pengganti Yudas 

Perhatikan Kis 1:16 - 20,  tentu ketika kita melihat kejadian ini tidak kita lupa akan Matius 27:3-8 bagaimana Yudas Iskariot yang merupakan orang yang terpilih mengkhianati Tuhan Yesus Kristus hanya karena memilih uang / seturut logika manusia. Bahkan jika dilihat dalam  Zakaria 11: 12-13, Mazmur 69 :26 dan Mazmur109:8 inilah nubuat bagi Yudas Iskariot karena menjual Tuhan dan bangsa bangsa Israel yang menolak Tuhan Yesus Kristus ( tentu secara detail nanti akan kita pelajari lagi nanti).

Hal ini memperlihatkan bagaiman keadaan orang yang melawan dan tidak menjalankan kehendak, rencana dan pekerjaan Tuhan Yesus Kristus atas hidup mereka. Dari awal Tuhan Yesus Kristus  sudah tahu apa yang akan kamu lakukan dan sudah memberitahukan kamu untuk berbalik sebelum kamu terjerumus makin dalam dan masuk pada penghukuman. 

Maka kita melihat dalam Kis 1: 21-22, ada beberapa peraturan untuk mengantikan jabatan rasul dari Yudas Iskariot, yaitu: Mengenal dan memiliki kesaksian tentang  Tuhan  Yesus Kristus (secara pribadi dari peristiwa Yesus dibaptisan sampai berangkat ke sorga).  Hal ini menjadi syarat yang mendasar bagi murid Tuhan untuk mengangkat orang yang dipercaya dapat menjalankan tugas rasul yang sesuai dengan kehendak, rencana dan ketetapan Tuhan atas pekerjaan Allah.  

Mari kita lanjutkan dalam Kis 1: 23- 26, Maka dilakukan pemilihan antar dua usulan nama yaitu Yustus dan Matias. lalu mereka Berdoa dan membuang undi dan terpilihkan Matias sebagai rasul ke 12. Cara ini pun dipakai oleh agama yang besar di dunia untuk menentukan pemimpin mereka.

Tetapi perhatikan dalam Amsal 19:21 dan  Roma 8: 28, menjelaskan segala sesuatu pasti atas keputusan Tuhan dan pasti Tuhan Yesus Kristus turut bekerja mendatangkan kebaikan bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 

Pentakosta

 Mari kita lanjutkan dalam Kis 2: 1, inilah hari pentakosta adalah hari ke 50 dari paskah  dimana setelah 40 hari Tuhan Yesus Kristus menyatakan dirinya dan 10 hari murid murid tekun berdoa. Jika kita melihat dalam Imamat  23: 15-21 dan Ulangan 16:9-11 dijelaskan bahwa pada zaman Israel terdapat 3 hari perayaan penting yang harus selalu mereka rayakan yaitu 

  • Paskah ( pada Bulan Abib )

    • bagi orang Israel : Paskah  dirayakan sebagai hari pembebasan dari perbudakan di mesir ( keluaran 12: 1- 15 )  aturannya bulan Abib adalah bulan pertama dalam kalender Ibrani kuno. Bulan ini juga disebut Nisan dan berlangsung dari sekitar pertengahan Maret hingga pertengahan April.
    • Bagi perjanjian baru : Hari Paskah adalah kebangkitan Tuhan Yesus. Kita telah dimerdekakan dari hamba dosa 

  • Pentakosta ( 7 minggu setelah paskah ) 

    • bagi orang Israel : hari Pentakosta dirayakan untuk mengucapkan syukur atas panen pertama. Perayaan ini juga disebut “hag ha bikurim” (Perayaan Panen Pertama)
    • bagi perjanjian baru :hari Pentakosta adalah pencurahan atau kepenuhan Roh Kudus

  • Pondok Daun 

    • Bagi orang Israel : Hari Raya Pondok Daun (bahasa Ibrani: sukkōt) adalah perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen. Perayaan ini berlangsung selama tujuh hari pada bulan purnama di antara bulan September dan Oktober
    • Bagi Perjanjian baru : Hari Pondok Daun adalah masa pemulihan segala sesuatunya oleh Tuhan Yesus Kristus, atau bisa dikatakan hari kedatangan Tuhan Yesus Kristus. 
(tentu hal ini akan kita pelajari di tingkat selanjutnya.)  

Maka kita sambung dalam Kis 2:2 - 4, inilah yang terjadi bahwa mereka yang bertekun dalam doa bersama murid murid Tuhan penuh dengan Roh Kudus  dan berkata kata dalam bahasa lain seperti yang diberikan Roh kepada mereka untuk mengatakannya ( Glossolalia). inilah kerinduan kita untuk dipenuhi oleh Roh kudus, Bagaimana Allah menyatakan otoritasnya dalam hidup kita dan nama Tuhan Yesus Kristus  sepenuhnya ada dalam hidup kita ( Ulangan 16: 11-12) 

tetapi perhatikan dalam Kis 2: 5-6 , apa yang sedang terjadi ? Dalam perayaan Pentakosta terdapat orang saleh dari segala bangsa di dunia. Ingat ada 3 perayaan yang harus dihadiri oleh orang yahudi di Yerusalem .  Ketika sahabat Allah sedang Glosolalia , mereka bingung karena mereka semua mendengar rasul dan orang yang bertekun ini berdoa dengan bahasa yang orang itu mengerti. Bahkan dalam Kis 2:7-11 , orang yang saleh itu bingung bagaimana mereka bisa berbahasa asing dengan berbagai macam bahasa padahal mereka semua orang Galiea yang tidak dapat berbahasa demikian.  Bahkan mereka sebutkan dari mana mereka berasal. Dan apa yang mereka ucapkan adalah benar tentang perbuatan- perbuatan yang dilakukan Allah.  

tetapi perhatikan apa yang dikatakan dalam Kis 2: 12- 13, baru saja terjadi banyak orang yang bertanya "ini artinya apa?" , tetapi ada juga orang yang menyindir bahwa mereka sedang mabok. inilah pandangan manusia kepada pekerjaan Allah. Banyak manusia yang mengunakan logika manusia tidak akan mengerti maksud Allah, mereka akan menganggap ini hanya sebagai fenomena (orang yang mencari kebenaran di luar Tuhan) bahkan banyak yang menyindiri untuk menghilangkan perhatian mereka atas fenomena ini. 

Otoritas dan Kebenaran Absolut

Maka perhatikan dalam Kis 2:14-15, Apa yang petrus katakan ? Begitu berani petrus untuk menegur orang orang yahudi. perhatikan apa yang terjadi sebelum ini dalam Yohanes 18: 25-26 di jelaskan bahwa petrus penakut tetapi dengan kejadian Kis 2:7-11, Petrus sudah diberikan keberanian untuk menyatakan kebenaran Allah dan Roh Kudus yang memberikan Hikmat dan kepintaran untuk menyatakan kehendak dan rencana Allah yang tertulis dalam  Yoel 2: 28-32  yang kamu bisa baca dalam kis 2: 16-21 . 

Maka kita tahu bahwa ketika Roh kudus dicurahkan, maka genap apa yang dikatakan nabi Yoel di hari hari terakhir / dalam Peta zaman dikatakan Zaman Roh Kudus. Roh Kudus akan dicurahkan kepada semua orang yang pastinya mengenal Tuhan dan mempunyai logika Allah (pengajaran).  Bahkan kita dapat melihat bagaimana Roh Kudus bekerja atas orang yang tersebut. 

Bahkan jika kita melihat sedikit dalam Yoel 2: 30 -32, bawha hal ini akan terjadi sampai dengan kedatangan Tuhan. dan perhatikan dalam Yoel 2:32 bahwa siapa yang berseru kepada nama Tuhan akan selamat.... dan setiap orang yang dipanggil Tuhan akan termasuk orang orang terlepas (Matius 7:21-21). Sepeti yang kita pelajari bahwa Sahabat Tuhan/ orang yang di akhir zaman yang akan selamat  adalah orang yang memilih Tuhan dan dipilih oleh Tuhan. 
 
perhatikan dalam Kis 2:22 - 24, Petrus menyatakan sebuah kebenaran yang absolute dimana hal ini banyak kita lihat dalam  Yohanes 19 :18 dan lukas 23:33 - 24 :5. Bahkan  dalam Kis 2:25 - 28 dengan perantara Daud pun Tuhan Yesus Kristus menyatakan nubutannya dan menyatakan sikapnya yang berbahagia karena dapat menjalankan kehendak, rencana dan pekerjaan Allah dengan sempurna ( Mazmur 16: 8-11 ). 

Maka Kis 2: 29 -33, menjelaskan dengan detail apa yang terjadi bagaimana kondisi daud saat ini dan  bagaimana janji Allah kepada Daud dalam mazmur 132: 11 dan 2 Samuel 7:12-13. Dari hal ini Petrus menyatakan sebuah kebenaran Absolut bahwa Yesus Kristus adalah Keturunan Daud dan menjadi  penggenapan atas Raja yang berkuasa menurut keturunan Daud. Lalu dalam  Kis 2: 34 -36  Petrus menjelaskan dengan berani sesuai dengan Mazmur 110:1-4 bahwa hanya Yesus yang menjadi Raja  Iman yang sesungguhnya menurut peraturan Melkisedek  atas ini semua Petrus menjadi saksi Kis 1:21-22 

Maka Kis 2:36 adalah keabsolutan kebenaran yang paling benar bawha Yesus menjadi Tuhan dan Kristus. Maka kita melihat  bagaimana otoritas Allah bekerja bagi orang yang telah penuh dan diperlengkapi dengan Roh Kudus. 

Pertobatan 

Lalu kita lanjut dalam Kis 2: 37- 40 , inilah otoritas Allah yang dapat dan memampukan manusia menyadari akan peran Yesus dalam hidup mereka. Sehingga mereka bertanya kepada Petrus apa yang harus kami lakukan. 

Petrus menjawab dengan lugas yaitu 
  • bertobatlah ( berbalik sadar dari kesalahan dan mau mengenal kebenaran)
  • hendaklah memberimu dibaptis dalam Yesus Kristus untuk pengampunan dosa (memberikan kebebasan kita untuk Tuhan Yesus Kristus) 
  • maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus ( menerima kepenuhan Roh Kudus) 

Semua janji Allah menjadi bagian kita sebanyak yang dipanggil oleh Tuhan Allah kita. Maka kemudian Kis 2:40 berkata dengan tegas berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini. dengan kata lain jadilah berbeda dengan dunia ini . 

Panen besar dan Berdirinya gereja mula mula

Maka Kis 2:41- 42 menjelaskan dengan sangat terperinci bahwa ada kira kira  tiga ribu orang yang memberi diri dibaptis  dan mereka bertekun dalam pengajaran rasul rasul dan dalam persekutuan (H-2), bahkan mereka selalu memecahkan roti (berbagi)  dan berdoa. 

Maka Kis 2:43-45 , Maka orang yang memakai logika manusia menjadi takut tetapi orang yang percaya menjadi satu dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama. Selalu tolong menolong dan membantu satu anggota dengan anggota yang lainnya ( kis 4: 32) . walaupun akhirnya menjadi masalah pada Kis 5: 1--11 ( pelajaran selanjutnya). 

Selanjutnya kis 2: 46-47 dengan jelas bahwa setiap hari mereka mengadakan ibadah karena mereka tekun dan sehati untuk berkumpul, memecahkan roti / berbagi di rumah masih masing dan makan bersama sama ( seperti PCS / Rayon). Mereka semua bergembira ,tulus hari dan memuji Allah. hal ini membuat orang orang lain melihat dan disukai oleh semua orang dan pastinya dari pekerjaan Allah , Allah terus menambahkan jumlah mereka yang diselamatkan.

Haleluya, inilah  yang Tuhan Yesus Kristus lakukan atas hidup muridnya. apakah kita mau menjadi murid Tuhan yang biasa biasa saja  atau yang bener bener berjuang untuk melakukan yang baik dan sesuai dengan kehendak Tuhan . 

Tuhan Yesus Krisus tolong kita semua.  Amin




Renungan Harian Remaja GPdI