KELUARGA YANG BERIMAN

PENDAHULUAN

Menurut Kitab Suci, Allah menciptakan keluarga untuk menjadi berkat kepada manusia.  "Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging (Kejadian 2:24)."
Karena Allah menciptakan pernikahan dan keluarga, Ia mempunyai prinsip-prinsip untuk menuntun hubungan suami/isteri dan orang tua/anak-anaknya.  Kalau prinsip-prinsip di bawah ini diterapkan, maka pernikahan anda akan diberkati oleh Tuhan dan menjadi sumber kebahagiaan.

Dalam pelajaran ini, kita akan belajar prinsip-prinsip di bawah ini:

1)         Suami adalah kepala, jadi dia bertanggung jawab untuk memimpin keluarganya.
2)         Suami harus mengasihi isteri seperti Isa Al-Masih mengasihi jemaatNya.
3)         Suami harus mengembangkan bakat-bakat dan karunia-karunia isteri.
4)         Isteri adalah penolong bagi suaminya.
5)         Isteri harus menghormati suaminya.
6)         Suami dan isteri harus mendidik anak-anaknya.

LATAR BELAKANG

Dalam Pelajaran ini Paulus dan temannya datang ke kota Korintus.  Di situ mereka bertemu dengan Bapak Akwila dan istrinya Ibu Priskila.  Pasangan ini melayani Tuhan bersama-sama dan menjadi teladan bagi kita mengenai keluarga yang beriman.

PELAJARAN

Lihatlah kegiatan-kegiatan Akwila dan Priskila:

"Kemudian Paulus meninggalkan Atena, lalu pergi ke Korintus.  Di Korintus ia berjumpa dengan seorang Yahudi bernama Akwila dan Priskila, isterinya....Paulus singgah ke rumah mereka....Paulus tinggal beberapa hari lagi di Korintus.  Lalu ia minta diri kepada anda-anda di situ dan berlayar ke Siria....Priskila dan Akwila menyertai dia.  Waktu Priskila dan Akwila mendengar Apolos mereka membawa dia ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Allah."  Kisah Para Rasul 18:1-3, 18, 26

"Sampaikan salam kepada Priskila dan Akwila, teman-teman sekerjaku dalam Isa Al-Masih.  Mereka telah mempertaruhkan nyawanya untuk hidupku.  Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.  Salam juga kepada jemaat di rumah mereka."  Roma 16:3-5

Dari ayat-ayat ini, kita bisa tangkap bahwa Priskila dan Akwila sangat terlibat dalam pelayanan Tuhan, bahkan jemaat bertemu di rumahnya.

Untuk belajar lebih dalam tentang hubungan di antara anggota keluarga, bacalah Efesus 5:22-33.

KEBENARAN KUNCI

"Suami wajib memimpin dan mengasihi isterinya; isteri wajib menolong dan menghormati suaminya; orang tua wajib mendidik anak-anaknya dalam ajaran Tuhan."

PENERAPAN

Sering sekali suami mau menuntut isterinya menerapkan prinsip-prinsip di atas.  Sebenarnya seseorang tidak bisa menuntut apa-apa dari orang lain.  Gunakanlah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk memperbaiki diri sendiri.

Untuk suami:

1)      Bagaimana caranya saya dapat menjadi lebih terlibat dalam mengurus dan memimpin keluarga?

2)         Apakah yang dapat saya lakukan untuk menunjukkan kasih kepada isteri saya?  Ingatlah teladan Yesus Kristus terhadap jemaatNya!
3)         Bagaimana caranya saya dapat mengembangkan bakat-bakat dan karunia-karunia isteri.  Seperti Priskila dan Akwila melayani bersama-sama, bagaimana caranya saya dan isteri saya dapat melayani bersama-sama?
4)         Bagaimana caranya saya dapat mendidik anak-anak saya dengan baik?

Untuk isteri:

1)         Pikirkanlah tentang ide-ide yang dapat saya lakukan untuk menolong dan mendukung suami saya.
2)         Pikirkanlah tentang ide-ide yang dapat saya lakukan untuk menghormati suami saya.
3)         Apakah saya mencoba untuk menjadi indah secara lahiriah atau mau menjadi indah secara batiniah?

TUGAS YANG DIKERJAKAN DI RUMAH

1)  Dalam minggu ini, pikirkanlah tentang penerapan di atas dan mohon kekuatan dan bimbingan dari Tuhan untuk memperbaiki kewajiban anda.
2)  Hafallah Efesus 5:33
3)  Bersaat teduh.

SAAT TEDUH

HARI PERTAMA: Bacalah 1 Korintus 13:4-8. Apakah keluarga anda penuh dengan kasih seperti yang digambarkan dalam ayat-ayat tersebut?

HARI KEDUA:  Bacalah 1 Timotius 3:1-7.  Nilailah diri anda dengan persyaratan di dalam ayat-ayat tersebut.

HARI KETIGA:  Bacalah Titus 3:1-8.  Nilailah diri anda dengan persyaratan di dalam ayat-ayat tersebut.


HARI KEEMPAT:  Bacalah Amsal 31:10-31.  Nilailah diri anda dengan persyaratan di dalam ayat-ayat tersebut.

HARI KELIMA:  Bacalah 1 Tesalonika 2:5-12.  Menurut Rasul Paulus, apakah yang biasanya dilakukan oleh seorang ibu dan seorang bapak terhadap anak-anaknya?



Renungan Harian Remaja GPdI

Masukan Email Anda untuk 
mendapatkan renungan setiap hari :