Hari ketujuh : Hari Pemberhentian - Skematologi Minggu Penciptaan

Haleluya, inilah hari terakhir dalam minggu penciptaan yang Tuhan Yesus berikan untuk menciptakan langit dan bumi. Mari kita baca bersama dalam kejadian 2: 1-3 dikatakan demikian “ Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. Ketika Allah pada hari ketujuh  telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya,  karena pada hari itulah Ia berhenti  dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.”  Haleluya…  inilah dimana Tuhan Yesus Kristus menyelesaikan segala penciptaannya dan memberkati hati serta menguduskannya.  Maka hari ke Minggu / hari ketujuh manusia berisirahat dari segala pekerjaannya dan beribadah kepada Tuhan Yesus Kristus.




Tetapi coba kita bandingkan dulu kejadian 2: 1- 3 dengan  Ibrani 4:1-11 ( coba kita baca dalam Alkitab kita), dengan jelas apa yang dikatakan dalam surat Ibrani bahwa hari ke tujuh menggambarkan pemberhentian bagi semua orang yang percaya maupun tidak percaya. Maka dengan sangat tegas Paulus memperingatkan kepada orang Ibrani bahkan kita orang yang sudah percaya, bahwa kita bisa tertinggal bahkan tidak masuk dalam pemberhentian dan mendapatkan hadiah yang Tuhan Yesus janjikan untuk diberikan kepada anak anakNYA yang setia.

Coba perhatikan ayat 2 yang dikatakan demikian “ Karena kepada kita diberitakan juga kabar kesukaan sama seperti kepada mereka, tetapi firman pemberitaan itu tidak berguna bagi mereka, karena tidak bertumbuh bersama-sama oleh iman  dengan mereka yang mendengarnya.”. Dengan sangat jelas kita diperingatkan bahwa kepada semua orang diberikan Firman dan janji  yang sama, tetapi yang membedakan adalah apakah kita dapat bertumbuh / mencapai tingkatan yang paling tinggi sesuai dengan batas minimal yang harus capai oleh anak anak Tuhan. Jika kita tidak mencapainya maka dalam ayat 3 dikatakan demikian “ Sebab kita yang beriman, akan masuk ke tempat perhentian seperti yang Ia katakan: "Sehingga Aku bersumpah dalam murka-Ku: Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku , " sekalipun pekerjaan-Nya sudah selesai sejak dunia dijadikan.” dan ayat 5 dikatakan “ Dan dalam nas itu kita baca: "Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku.  ".

Hal ini sama terjadi seperti orang Israel pada masa Musa memimpin keluar dari tanah mesir sampai ke Tanah Kanaan. Ada masa yang jelas bagaimana Tuhan membentuk orang Israel untuk sepenuhnya mengandalkan Tuhan, hidup kudus , menyerahkan hidupnya untuk Tuhan, untuk melihat visi Tuhan dan menunjukannya kepada semua bangsa bahwa Tuhan orang Israel (Tuhan Yesus Kristus) adalah Tuhan yang berkuasa dan kuasanya tidak terbatas. Tetapi mereka tidaktaat dan setia kepada Tuhan bahkan memberontak kepada Tuhan. Kita bisa baca dalam kitab kejadian bagaimana Tuhan Yesus membunuh dan melarang untuk masuk tanah perjanjian yang telah Tuhan sediakan.  

 Bahkan Musa yang telah berbuat salah kepada Tuhan karena ketidaktaatnya kepada Tuhan apa yang musa dapat? Coba kita baca dalam ulangan 32 : 51-  52 dikatakan demikian “ oleh sebab kamu telah berubah setia terhadap Aku di tengah-tengah orang Israel, dekat mata air Meriba di Kadesh di padang gurun Zin,  dan oleh sebab kamu tidak menghormati kekudusan-Ku di tengah-tengah orang Israel. Engkau boleh melihat negeri itu terbentang  di depanmu, tetapi tidak boleh masuk  ke sana, ke negeri yang Kuberikan kepada orang Israel." Tuhan Yesus tolong kita semua. Musa saja yang merupakan hamba Tuhan saja, ketika tidak taat maka ada hukuman yang berlaku atas dia. Apalagi kita orang orang biasa yang percaya kepada Tuhan bahkan orang yang tidak percaya kepada Tuhan.

Tetapi bagi kita sekarang apa yang akan terjadi jika kita tidak  boleh masuk dalam Sorga yang telah Tuhan Yesus janjikan kepada kita semua?  Coba kita baca dalam Matius 13: 47 - 51 dikatakan demikian “ Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama  pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan. Setelah penuh, pukat itupun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang. Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar  ,lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. Mengertikah kamu semuanya itu?" Inilah neraka menjadi tempat bagi orang orang yang tidak bertumbuh dan tidaktaat kepada Tuhan Yesus Kristus.

Tetapi kita melihat  pula apa yang di dapat oleh anak anak Tuhan ketika hidupnya bergaul dengan Tuhan Yesus Kristus. Seperti contoh dalam kejadian 5 : 23-24 dikatakan demikian “ Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun. Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah,  lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat   oleh Allah.”  Haleluya.. Ada berkat yang tercurah bagi anak anak yang hidupnya bergaul dengan Tuhan Yesus Kristus . ketika hidup kita benar dan bahkan menyenangkan hati Tuhan Yesus Kristsus, maka Tuhan Yesus pasti akan mau memberikan apa yang indah yang belum pernah dipikirkan oleh kita semua.  Hal ini pun ditegaskan kembali dalam 1 korintus 2 : 9 yang dikatakan demikian “ Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.  " haleluya

 Karena dalam Ibrani 4 : 13 dengan tegas  dikatakan demikian “Dan tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.” haleluya.. Inilah hidup manusia mereka harus mempertanggung jawabkan semuanya kepada yang mempunyai hidup. Tetapi ingat apa yang kita pelajari dalam penciptaan dari hari pertama sehingga hari yang terakhir ini, Tuhan Yesuslah Juruselamat kita semua. Tidak ada satupun yang dapat menolong manusia keluar dari dosa. Hanya Tuhan Yesus Kristus yang dapat menolong hidup kita karena Dia telah membayar kita dengan harga yang mahal yaitu Darah Domba Allah ( kematiannya di bukit Golgota).

Dengan demikian genaplah apa yang telah dikatakan dalam  1 Yohanes  2 : 14 yang dikatakan demikian “ Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, karena kamu mengenal Bapa. Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu  dan kamu telah mengalahkan yang jahat” .

Haleluya, kita melihat bahwa dalam Alkitab terdapat tingkatan yang sangat jelas bagi hidup anak anak Tuhan, yaitu :

  •  tingkatan anak anak sudah kita bahas pada hari penciptaan ketiga dimana mereka belajar untuk mengenal Allah secara seutuhnya.
  • Maka pada tahap pemuda ini adalah orang orang yang kuat dalam firman dan memancarkan yaitu pada hari penciptaan ke 4  dan ke 5 ,
  • Tahap orang dewasa,  adalah orang yang sudah mengenal Firman dan teruji bahkan bisa mengajarkan kembali Firman dan bertahan sampai pada akhirnya. Penciptaan hari ke 6 sampai hari ke 7

Banyak hal yang harus kita terus pelajari, seperti pengenalan akan siapa Tuhan Yesus pun akan kita pelajari hingga tingkatan kita berada pada  tingkatan terakhir. Kiranya Tuhan Yesus menolong dan memberikan kita kepintaran agar kita dapat mengerti segala hikmat yang Tuhan berikan dan biarlah semuanya itu untuk kemuliaan, kebesaran, dan terutama untuk menyenangkan hati Tuhan Yesus Kristus.. Nama Tuhan Yesus Kristus yang puji dan dimuliakan selalu dalam hidup kita semua. Haleluya ..


Sebelumnya : Hari keenam : Binatang darat dan Manusia   - Skematologi Minggu Penciptaan 


Renungan Harian Remaja GPdI
↑ Grab this Headline Animator

minta softcopy " Skematologi Minggu Penciptaan " keseluruhan : di sini
Tanggapan : samuelliputra@gmail.com