Healthy of Iife: #Materi_Pelajaran_Alkitab: Surat untuk Jemaat Kristen Helenis (Yahudi - Kristen)

Rabu, 12 Juli 2017

#Materi_Pelajaran_Alkitab: Surat untuk Jemaat Kristen Helenis (Yahudi - Kristen)

Surat ini di tujukan untuk anak anak Tuhan kebangsaan Yahudi ( Kristen Yahudi - atau orang Yahudi yang terima Tuhan disebut Kristen Helenis).

Ada 9 Surat untuk orang Yahudi yang percaya kepada Tuhan : Ibrani - Wahyu. Wahyu termasuk dalam surat dan bukan kitab. Karena di tunjukan kepada anak anak Tuhan/ 7 Jemaat) . Sedangkan untuk non Yahudi terdapat dalam kitab non Yahudi ( kitab paulus ) - 13 kitab dan untuk orang Yahudi ( Kristen Helenis) - 9 kitab, sehingga total 21 Surat yang baru dapat dinyatakan bahwa kitab umum - istilah Am. Cara penulis dan penyampainya akan berbeda dengan Surat surat paulus - Surat kepada orang non Yahudi.

Untuk Surat Ibrani:
Surat kepada orang Ibrani: untuk benih Abraham yang lahir dari Sarah - keturunan anak perjanjian (Ishak) yang ada di Yerusalem / antiokia . Nanti di kitab Galatia akan belajar bahwa hagar dilambangkan ibu palsu. Keturunan Abraham sebenarnya memiliki 8 cabang : Sarai ( 1 anak) , Hagar ( 1 anak) , Ketura ( 6 anak). Sebenarnya tidak semua orang Israel adalah orang Ibrani. Ibrani adalah kelompok paling kecil dari bangsa Israel, benih Abraham yang bener benar dari Sarai (Filipi 3:5).

Untuk Surat Yakobus :
Ditunjukan untuk 12 suku Israel di luar palestina - . Dunia / oukmenes dibagi oleh raja Roma ( jajahan Roma) menjadi 13 bagian.

Untuk Surat 1 Dan 2 Petrus:
Di tunjukan untuk orang percaya dari suku suku Israel yang sedang di luar Yerusalem untuk 5 negara / wilayah/ provinsi tertentu.

Surat Yohanes:

Surat Yohanes adalah orang terakhir untuk menulis kitab, Surat, maupun wahyu yang Tuhan berikan. Tidak ada alamat yang jelas untuk siapa dan kepada siapa, kecuali wahyu yang ditujukan untuk wilayah Asia Kecil. Sehingga Kita dapat simpulkan terdapat 4 Surat untuk untuk Asia kecil, dimana terdapat di lihat dalam kitab wahyu.

Ada pemetaan khusus yang Tuhan kerjakan dalam dunia ini : palestina, Asia kecil, 5 wilayah tertentu, dan daerah 2 lainnya.

Thema Yohanes : kasih Dan mengasihi.
Dalam bahasa wahyu, di mana yohanes akrab dengan sosok ibu yang mengambarkan sebagai Gereja.

3 yoh 1:1
Yohanes setera dengan aspotolos / rasul, tapi sebagai gembala/ penatua / espiskopos (Seperti sifat pelayanannya saja yang berbeda).

Sehingga siapa gayus - adalah gembala dari salah satu Jemaat di Asia kecil.

Jika pelajari 9 Surat ini adalah Iman yang sejati / menyelamatkan. Yang berbeda dari 9 Surat ini adalah penjabaran.

Kitab Ibrani : melihat dan menjabarkan iman yang menyelamatkan dari sisi PL .

Kitab Yakobus : Iman tanpa perbuatan adalah mati. Iman mampu dinyatakan dan bersaksi.

Kitab Petrus : Iman harus menghasilkan pengharapan dan panggilan dalam penderitaan untuk menjaga kemurnian pengajaran - kasih.

Pengajaran dalam kitab Petrus memiliki semangat yang berbeda dengan yudaisme - di mana pembelaan Tuhan yang luar biasa, dan penghukuman Tuhan karena dosa mereka sendiri. Tetapi di PB penderitaan datang karena kesetiaan kepada Tuhan.

Dalam pasal 2 terdapat kristologi Petrus yaitu : Batu penjuru, Batu sentuhan, Batu sandungan, dan Batu Hidup.

Dalam pasal 3 terdapat perkawian Kristus yang memiliki hubungan yang Tuhan dengan manusia. Dalam Kitab Petrus menganggap orang percaya adalah teman pewaris kasih karunia.

Pasal 4 : tentang sabar menderita - dimana tetap setia walaupun menderita.

Pasal 5 : tugas yang harus di kerjakan sebagai gembala. Dalam hal gembala Kita harus mulai dari hal yang kecil. Mulai dari keluarga baru yang besar termasuk memberi makan.

2 Petrus menceritakan doktrin dan pengenalan akan akhir zaman, walaupun porsi wahyu akhir yang diberikan sebagain besar kepada Yohanes.

Catatan kitab Yohanes :
Iman yang menyelamatkan jika mempengaruhi / mengajak orang lain masuk - Gereja yang eksklusif. Jika tidak, maka iman itu sama sepeti Yudaisme.

Dalam kitab Yohanes, persekutu kasih ( bahasa Yohanes) . 1 yoh 5: 20 sama dengan wahyu 3:7 sehingga kita dapat melihat bahwa Firman Tuhan di tunjukan kepada Jemaat Filadelfia.

Sehingga gayus sangat di mungkinkan bahwa gayus adalah gembala di Filadelfia.

Kitab Yudas : keselamatan yang dipertahankan. Kita perlu belajar dan mempertahankan Iman.

Kitab wahyu : Iman yang harus di sempurnakan dan 7 kewaspadaan terhadap Rohani. Kita harus memenuhi 7 karakter sifat Gereja sempurna.

Dalam kitab Ibrani, menjelaskan bagaimana sifat terbuka dan tanpa basa basi. Sedangkan di luar itu semua , mereka mengunakan tata cara tulis yunani.

Dalam ayat 3-4 menjelaskan bagaimana Iman kekristena yang lebih menyeluruh serta menerangkan siapa Allah.

Ibrani 1:1-4 pembukaan dan keterangan keselamatan

Ibrani 1:5- 14 nyanyian kemenangan Allah

Ibrani 2-7 perlengkapan bait Allah dan kelengkapannya - termasuk jabatan.

Ibrani 8-10 deskripsi tentang perjanjian baru. - aplikasi dari pasal 2-7. Sehingga orang Yahudi yakin akan keselamatan yang Tuhan berikan

Ibrani 11- 13 pelaksanaan perjanjian baru.

Surat Surat Gereja - Jemaat Kristen Helenis (Yahudi - Kristen) by Samuel Liputra - SLNSG on Scribd