Healthy of Iife: #Homeschooling : Mendidik Anak dengan tepat dan benar

Jumat, 26 Agustus 2016

#Homeschooling : Mendidik Anak dengan tepat dan benar


Anak-Anak adalah  Sebuah anugrah yang Tuhan berikan kepada setiap pasangan yang telah menikah. Dan setiap orang tua biasanya  ingin memberikan apa yang mereka butuhkan yang terbaik. Tetapi terkadang banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa mereka lebih memaksakan apa yang menjadi orang tua harapkan dibandingkan dengan apa yang mereka mau pelajari.

Banyak kasus dalam dunia ini, anak yang di sekolahkan di sekolah yang mahal. Diberikan pelajaran tambahan atau les yang cukup banyak bahkan mereka  harus mengulang apa yang telah mereka pelajari di rumah. Sehingga 1 hari mereka penuh dengan belajar banyak hal yang belum tentu mereka sukai. Hal tersebut membuah mereka tertekan bahkan jika tidak bisa mengikutinya maka mereka dianggap anak yang bodoh.  tetapi tahukah anda bahwa setiap anak anak tidak ada yang bodoh tetapi mereka  memiliki hal yang spesial / khusus bahkan mereka mempunyai kapasitas yang berbeda beda yang tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya.


Tipe anak  
Dalam dunia pendidikan, banyak teori yang menerangkan tentang tipe anak . Ketika kita berbicara dasar pendidikan anak maka  salah satunya sifat dan kelakuan seorang anak adalah salah satu faktor yang penting. Menurut Carl Jung sifat manusia dapat dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu

  • Ekstrovert - sifatnya terbuka ( korelis dan sanguin) 
  • Introvert  -  sifatnya  tertutup ( plegmatis dan melankolis) 

Dan biasanya  anak anak yang memiliki sifat introvet akan lebih susah untuk menerima  pelajaran yang diajarkan oleh guru dibandingkan dengan  anak anak yang ekstrovert. Sehingga dari sifat tersebut akan muncul konsep pembelajaran anak itu sendiri. Hal ini akan menjadi masalah  yang besar yang akan dihadapi oleh orang tua dan guru di sekolah. tetapi ini bukan menjadi dasar karena bisa saja berubah atau sebaliknya tergantung pada lingkunganya.

Menurut para ahli psikologi anak di Indonesia  dari hasil penelitian yang dilakukan bertahun tahun dalam sebuah sekolah,  60% anak lebih  memiliki  cara yang apapun untuk menampung beban pelajaran dan menyerapnya dengan cepat. apakah itu sesuai dengan konsep dan  logika orang tersebut maupun tidak. Sedangkan 40% anak lainnya  memiliki  cara  yang unik untuk menampung beban pelajaran yang akan mereka pelajari. ada beberapa tipe anak  dalam menampung / mempelajari sesuatu antara lain :

Metropolitan Style 
Metropolitan style adalah cara yang dilakukan anak  untuk memperlajari apa yang mereka sukai dan mengembangkan apa yang mereka sukai. Sesusah  apapun yang mereka hadapai pasti akan mereka belajar dengan rasa ingin tahu danmotivasi yang besar.  Tetapi mereka menolak apa yang tidak mereka sukai

Tradision Style 
Tradision Style adalah  cara yang dilakukan anak anak  untuk mempelajari sesuatu yang mereka sukai maupun tidak  atau suatu hal yang menjadi keharusan secara berulang ulang. sehingga menemukan konsep dasar dan pengembangan yang menarik bagi anak untuk mempelajarinya

tetapi hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan anak.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sudut Pandang kitab Suci 

Hal ini pun menjadi perhatian kami, Jika ditarik ke dalam sudut pandang Firman Tuhan.
" Apakah Tuhan menciptakan manusia yang bodoh ?"
" Apakah Tuhan Yesus menciptakan 'produk' gagal ??"

Dalam Roma 9: 6a dikatakan bahwa " Akan tetapi firman Allah tidak  mungkin gagal. " berdasarkan Firman Tuhan ini kami percaya bahwa  setiap anak yang Tuhan Yesus berikan  tidak ada yang bodoh tetapi mereka  memiliki hal yang spesial / khusus bahkan mereka mempunyai kapasitas yang berbeda beda yang tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya. Untuk menjalankan suatu rencana yang besar dalam hidup mereka.

Jika kita melihat beberapa tokoh Alkitab seperti Simson Petrus, Daud, dan masih banyak lagi. Bahkan jika kita melihat tokoh tokoh besar dunia seperti Isaac Newton, Albert Ensten, dan masih banyak lagi . Banyak kebanyakan tokoh di atas  memiliki  tipe metropolitan style dimana, mereka dianggap bodoh karena tidak mengerti apa yang diajarkan tetapi  Tuhan bentuk mereka dan memakai mereka dengan luar biasa. Ini pun berlaku juga dalam kehidupan anak anak  dengan kasih sayang, perhatian, bahkan motivasi yang benar maka mereka bisa menjadi orang orang yang lebih hebat dari pada orang yang seusiannya.

Pengalaman kami: 

Ketika anak anak  ini sekolah,  awalnya guru mereka sepertinya lumayan kaget dg kondisi mereka.  Tapi sekarang anak anak  ini malah jadi hobi matematika.  Pelajaran yang ditakuti kebanyakan anak sekolah. Mereka menikmati jam jam  belajar,  semangat kerjakan pr,  latihan soal dll.

Guru yg mengajar tidak cuma berbekal modul yg ada, tapi juga sabar dan pengertian.
Di sekolah kita guru guru  wajib memahami murid dan tidak boleh marahin muridnya kalau muridnya tidak bisa,  kecuali si murid melanggar etika sopan santun.  Guru pun wajib tuntun murid yang tidak ngerti pelajaran sampai ngerti. Kalau guru lagi fokus dengan yang ketinggalan,  murid yang lain latihan soal.

Biasanya  jam 10 pagi kami mengadakan  pembinaan rohani untuk murid kristen dan katolik. kami selalu berpegang pada Firman Tuhan dalam Mazmur 119 : 130 " Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang,  memberi pengertian kepada orang-orang bodoh " 


Jika ada hal yang dapat kami bantu / ingin berkonsultasi dengan kami
Silakan menghubungi 
Anak Panah Homeschooling-Cyber School Jakarta
Satelit :  Kosambi  Baru 

Silakan menghubungi :
Bapak Walker /Ibu Nike
0817-729-488